Marketing online menjadi salah satu keahlian terpenting saat ini. Hampir setiap bisnis dituntut agar bisa menjangkau pelanggannya secara online. Meski begitu, secara strategi, marketing online lebih sering dimanfaatkan sebagai langkah awal dalam membangun reputasi sebuah usaha. Banyak orang menggunakan marketing online sebagai strategi untuk memperkenalkan nama mereka kepada publik.
Daftar isi
Apa Itu Marketing Online?
Marketing online adalah segala aktivitas atau usaha pemasaran produk atau jasa menggunakan media internet dan untuk menyampaikan pesan mengenai citra bisnis atau layanan kepada konsumen potensial. Media internet yang dimaksud sangat beragam, dari website, Search Engine Optimization (SEO), iklan Pay Per Click (PPC), email marketing, hingga media sosial.
6 Istilah Marketing Online Yang Wajib Kamu Ketahui
Mungkin marketing online masih asing bagi sebagian orang. Masih ada istilah-istilah marketing online yang belum diketahui banyak orang. Berikut adalah istilah-istilah marketing online yang perlu kamu ketahui:
1. Online Presence
Online presence adalah ketersediaan informasi bisnis yang kamu perlukan yang dapat ditemukan secara online, baik melalui desktop atau mobile.
2. Lead Generation
Lead Generation adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menarik perhatian konsumen atau calon pembeli agar mengunjungi website bisnis yang sudah dibangun.
3. Call To Action (CTA)
Call To Action adalah pemberian petunjuk atau perintah kepada konsumen atau calon pembeli saat berkunjung ke website bisnis setelah menerima Lead Generation.
4. Landing Page
Landing Page adalah suatu halaman dari website bisnis yang didesain sedemikian rupa dan berisikan kampanye iklan atau tujuan marketing dari bisnis.
5. Conversion
Conversion adalah situasi dimana leads melakukan tindakan sesuai yang diinginkan perusahaan. Sederhananya adalah mereka memberikan respon terhadap Call To Action (CTA) yang dirilis perusahaan.
6. Affiliate Marketing
Affiliate Marketing adalah proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain atau sebuah perusahaan. Jadi pelanggan tidak hanya membeli produk, tetapi juga mempromosikannya.