Mekanisme katup pada mesin kendaraan berfungsi untuk mengatur pemasukan gas baru (campuran bahan bakar dan udara) secara optimal ke dalam silinder dan mengatur pembuangan gas bekas ke saluran buang
Lalu bagaimana mekanismenya ?
Sistem penyaluran tenaga mekanisme katup, dibagi menjadi beberapa mekanisme. Antara lain:
- OHV (Over Head Valve)
- SOHC (Single Overhead Camshaft )
- DOHC (Double Overhead Camshaft)
Berikut definisi singkat mengenai, jenis jenis mekanisme katup yang ada pada mesin.
- Katup di Kepala Silinder (Over Head Valve atau OHV)

Katupnya menggantung di kepala silinder, poros kam terletak di bawah.
- Keuntungannya bentuk ruang bakar yang baik,
- Kerugiannya adalah banyak komponen/ bagian-bagian yang bergerak berarti kelembaman massa besar sehingga tidak ideal untuk mesin putaran tinggi
- Satu Poros Kam di Kepala (Single Overhead Camshaft atau SOHC)

Pada konstruksi SOHC atau OHC saja, poros kam berada di kepala silinder dan langsung menggerakkan tuas katup (A) atau tuas ayun katup (B).

- Keuntungannya sedikit komponen/ bagian-bagian yang bergerak, berarti kelembaman massa kecil, sehingga baik untuk putaran tinggi.
- Kerugiannya adalah konstruksi motor menjadi tinggi karena ada mekanisme tuas ayun.
- Dua Poros Kam Di Kepala(Double Overhead Camshaft atau DOHC)

Konstruksi DOHC memiliki dua kam di kepala silinder, kam langsung menggerakkan mangkok penumbuk.
- Keuntungannya bentuk ruang bakar baik dn susunan katup-katup bentuk V menguntungkan bagi performance atau unjuk kerja mesin. Kelembaman massa paling kecil, sehingga baik untuk putaran tinggi.
- Kerugiannya konstruksi mesin mahal, mesin lebih berat dan penyetelan celah katup lebih sulit