detaktekno, Motor – Sebelum mengganti karburator pada sepeda motor anda, sebaiknya anda membaca terlebih dahulu tentang pengertian dan jenis-jenis karburator berdasarkan tipe nya. supaya di kemudian hari sedikitnya mengerti dan paham tentang masalah yang dialami pada karburator tersebut.
Tipe Karburator Sepeda Motor Berdasarkan konstruksinya karburator pada sepeda motor dapat dibedakan menjadi 3 yaitu :
1. Karburator dengan venturi tetap ( fixed venturi )
Karburator ini merupakan karburator yang diameter venturi nya tidak bisa diubah-ubah lagi, besarnya aliran udara tergantung pada perubahan throttle butterfly ( katup gas ), pada tipe ini biasanya terdapat pilot jet untuk kecepatan idle / langsam, sistem kecepatan utama sekunder untuk memenuhi proses pencampuran udara bahan bakar yang tepat pada setiap kecepatan. Terdapat juga sistem akselerasi atau percepatan untuk mengantisipasi saat mesin di gas tiba-tiba, semua sistem tambahan tersebut dimaksudkan untuk membantu agar mesin bisa lebih responsif karena katup throttle mempunyai keterbatasan dalam membentuk venturi.
2. Karburator dengan venturi berubah-ubah ( variable venturi / slide carburetor )
Karburator dengan venturi berubah-ubah menempatkan throttle valve atau throttle piston ( skep ) berada didalam venturi dan langsung dioperasikan oleh kawat gas, oleh karena itu, diameter venturi bisa dibedakan ( bervariasi ) sesuai dengan besarnya aliran campuran bahan bakar dengan udara dalam karburator. Karburator tipe ini dalam menyalurkan bahan bakar hanya melalui main jet ( spuyer utama ) yang dikontrol oleh needle ( jarum ), karena bentuk jarum dirancang tirus, hal ini akan mengurangi jet ( spuyer ) dan saluran tambahan lainnya seperti yang terdapat pada karburator venturi tetap.
3. Karburator dengan kecepatan konstan ( Constant velocity carburetor )
Karburator ini merupakan gabungan antara dari kedua tipe karburator diatas, yaitu variable venturi yang dilengkapi katup gas ( throttle valve butterfly ), sering disebut juga dengan karburator CV ( CV karburator ), piston valve yang berada dalam venturi berfungsi agar diameter venturi berubah-ubah dengan bergeraknya piston tersebut keatas dan kebawah, pergerakan piston valve ini tidak dioperasikan oleh kawat gas seperti pada karburator variable venturi, tetapi oleh tekanan negatif ( kevakuman ) pada venturi tersebut.