Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bisnis

Kisah Sukses Tadashi Yanai Miliarder Dibalik Uniqlo

37
×

Kisah Sukses Tadashi Yanai Miliarder Dibalik Uniqlo

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Siapa sih yang gak kenal Uniqlo? Brand fashion yang hadir sejak 2012 di Indonesia ini ternyata dimiliki oleh seorang miliarder asal Jepang, Tadashi Yanai.

Kesuksesannya dalam berbisnis membawa Yanai menjadi orang terkaya di Negeri Sakura tersebut.

Example 300x600

Lantas, seperti apa perjalanan bisnisnya?

Daftar isi

Lulus Kuliah dan Merintis Karier

Tadashi Yanai lulus dari Universitas Waseda jurusan Ilmu Ekonomi dan Politik pada tahun 1971. Setelah lulus, ia memasarkan peralatan dapur dan pakaian pria di supermarket JUSCO.

Setahun berlalu, ia berhenti dan bergabung dengan toko jahit milik Sang Ayah bernama Ogori Shoji di Yamaguchi. Di sanalah anai mendapat ilmu tentang fashion.

Awal Mula Uniqlo

Pada tahun 1984, Yanai mengambil alih kepemimpinan Ogori Shoji dan membuka toko bernama Unique Clothing Warehouse di Hiroshima.

Baca juga:  Tak Lagi Menjadi Orang Terkaya No 1 Di Tiongkok, Jack Ma Dikalahkan Oleh Orang Ini

Dalam mereknya itu ia mengadopsi konsep pakaian basic yang bisa dipakai oleh semua kalangan. Yanai mengaku terinspirasi dari brand favoritnya, Marks & Spencer.

Perubahan Nama

Setelah berjalan satu tahun, ia mengubah nama tokonya menjadi Uniqlo dan menambah cabang.

Yanai juga mengubah nama perusahaan Ogori Shoji menjadi Fast Retailing di tahun 1991. Selain Uniqlo, perusahaan tersebut juga menaungi brand Theory, PLST, J BRand, Princesse Tam-Tam, Comptoir des Cotonniers, dan GU.

Kesuksesan Uniqlo

Uniqlo mulai masuk ke puncak kesuksesan di tahun 1998. Brand ini sukses menjual 2 juta helai sweater fleece.

Baca juga:  Profil Singkat Wishnutama Kusubandio, Pendiri Net TV Yang Jadi Menteri Jokowi

Fast Retailing berhasil melantai di Bursa Efek Hiroshima pada tahun 1994. Tujuh tahun kemudian, Uniqlo berekspansi ke luar Jepang hingga memiliki lebih dari 2 ribu toko ritel di seluruh dunia.

“Saya mungkin terlihat sukses, tapi sebenarnya saya telah membuat banyak kesalahan di masa lalu. Orang-orang terlalu menganggap kegagalan dengan serius. Kamu harus berpikir positif dan percaya bakal sukses di masa depan.” Tadashi Yanai

Yanai membangun usahanya selama puluhan tahun sebelum akhirnya mendunia. Dari kisah ini, kita bisa belajar bahwa buah yang manis tidak bisa tumbuh hanya dalam semalam.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *