Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Sains

Mengenal Metode Scamper Untuk Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif

16
×

Mengenal Metode Scamper Untuk Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Saat kita kehabisan ide, kira-kira apa yang harus dilakukan ya? Hidup memanglah wajib selalu kreatif. Dalam hal apapun, kreativitas memanglah sangat dibutuhkan untuk menuntaskan bermacam problematika kehidupan. Tetapi bagaimana kalau tiba-tiba kreativitas kita terhambat?

Tenang, terdapat salah satu metode yang dapat buat kreativitasmu bertambah kembali. Metode itu dinamakan sebagai metode SCAMPER. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya dari metode tersebut, simak yuk!

Example 300x600

Daftar isi

Pengertian SCAMPER?

SCAMPER adalah sebuah metode yang bisa digunakan untuk merangsang kreativitas serta membantu mengatasi setiap tantangan. Intinya, SCAMPER merupakan metode membuat daftar tujuan umum dengan cara memacu pertanyaan. 

Cara ini diciptakan oleh Alex Osborn dan disusun kembali oleh Bob Eberle di tahun 70-an.

SCAMPER Merupakan Singkatan Dari:

1. S (Substitute) atau Pengganti

“Apakah daging ayam bisa digantikan jamur sebagai pengganti daging?”

Hal ini bertujuan untuk mengembangkan ide alternatif untuk mengganti gagasan yang memang sudah buntu.

Baca juga:  Tampil Beda, ITS Mengenalkan Kampus Kepada Mahasiswa Baru Lewat Minecraft

2. C (Combine) atau Kombinasi

“Apakah es krim vanilla cocok dikombinasikan dengan roti gandum seperti sandwich?”

Tidak bisa dipungkiri jika salah satu akar kreativitas adalah mengkombinasikan suatu hal dengan hal yang lain.

3. A (Adapt) atau Adaptasi

“Bisa tidak ya kalau sepeda fix gear diadaptasi menjadi sepeda gunung”

Ini digunakan untuk menerapkan suatu konsep yang sudah ada ke dalam ide baru yang mungkin menghasilkan sesuatu yang baru.

4. M (Modify) atau Modifikasi

“Kalau ditambahkan sesuatu hasilnya akan lebih baik atau tidak ya?”

Hal ini sering terjadi dan umumnya dapat kita temukan pada modifikasi kendaraan.

Baca juga:  Langkah Untuk Menjadi Web Developer Pemula

5. P (Put to another use) atau Kegunaannya

“Kalau pakaian bekas ini dipakai jadi masker bisa gak ya?” atau “Botol bekas itu dipakai jadi vas bunga bisa gak ya?”

Ini biasanya kita kenal sebagai LifeHack. Merubah sebuah kegunaan juga salah satu bentuk kreativitas.

6. E (Eliminate) atau Menghilangkan

“Kira-kira dari tampilannya ada yang perlu dikurangi tidak ya agar lebih simple?”

Kadang menghapus beberapa bagian dari ide awal bisa menghasilkan sesuatu ide yang lebih segar.

7. R (Reverse) atau Menyusun kembali

“Bagaimana kalau urutannya atau penataannya diubah, bisa lebih bagus tidak ya?”

Suatu produk baru dapat terbentuk dari pengaturan ulang informasi atau komponen-komponen yang ada.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *